Gowa (11/08) – Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang esensinya  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kepedulian civitas akademika. Demi mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Farmasi UIN Alauddin Makassar bekerja sama dengan Program studi jurusan Farmasi UIN Alauddin Makassar menggelar Pengabdian Masyarakat dengan tema “Cerdas Menggunakan Obat yang Baik dan Benar”.

Dokumentasi kegiatan pengabdian masyarakat

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Minggu 7 Agustus 2022 di Taman Sultan Hasanuddin Syekh Yusuf, Gowa. Adapun bentuk pengabdian berupa edukasi mengenai DAGUSIBU dan Pelayanan Informasi Obat (PIO). Pihak yang berpatisipasi mulai dari Dosen, Apoteker, Asisten Apoteker bahkan mahasiswa farmasi itu sendiri.

“Banyak kasus di tengah masyarakat penyalahgunaan obat. Baik  obat yang sudah diresepkan dokter, maupun obat yang didapatkan atas rekomendasi maupun inisiatif diri sendiri. Kasus seperti tersebut dapat menyebabkan kerugian mulai dari keracunan, overdosis, hingga menyebabkan kematian. Oleh karena itu perlunya pemahaman masyarakat mengenai cara menggunakan obat yang baik dan benar”, ucap Muhlisuddin selaku ketua panitia.

Apt. Syamsuri Syakri, S.Si., M.Si. selaku dosen farmasi mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat ke 8 yang dilaksanakan prodi farmasi selama tahun 2022. Jumlah peserta berasal dari apoteker dan tenaga kefarmasian kurang lebih 150 peserta. Kegiatan yang dilaksanakan berupa Dagusibu, pemeriksaan kesehatan gratis yakni cek gula darah, dan asam urat. Selain itu dilakukan juga pelayanan informasi obat, Bagi masyarakat yang ingin konsultasi terkait obat bisa langsung ke both PIO yang kami sediakan dan Akan dilayani oleh apoteker. Harapan kedepannya semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa tetap berlangsung sebagai bukti bakti kami ke masyarakat.” 

Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *